CV. Tenun Indonesia

produksi dan jual kain tenun indonesia dan tenun ikat troso jepara.

Kenapa WordPress

Kenapa Tenun Indonesia WordPress ?

Kenapa Tenun Indonesia WordPress

Catatan : Mukhammad Rizal (Marketing CV. Tenun Indonesia)

CV. Tenun Indonesia memanfaatkan media online web blogging untuk promosi produk kain tenun ikat Troso, karena :

1. Layanan yang berbasis ‘Free’, saya jujur dan sengaja memilih sub domain di https://tenunindonesia.wordpress.com , karena basis website yang dapat dinikmati secara gratis.

2. Menu-menu pada WordPress mudah dipahami, tentunya ini sangat cocok untuk saya yang mengembangkan penjualan kain tenun ikat Troso, dengan dimudahkan oleh fitur-fitur dari WordPress ini maka kita dengan mudah bisa membuat post, halaman, bahkan upload gambar.

3. WordPress mudah terindeks di Search Engine, alasan diatas merupakan referensi saya saja, boleh percaya, boleh juga tidak! (pokoknya to be your self). Hanya 3 sampai 5 hari setelah saya update konten, 3 hari berikutnya Search Engine Google dan Yahoo! Search pun langsung mengindeksnya, meski masih dihalaman 25 untuk kata pencarian “kain tenun indonesia” (Tapi, tidak apalah). Ini berarti WordPress sangat membantu saya untuk meraih peringkat teratas didalam mesin pencarian untuk kata kunci semacam kain tenun, tenun ikat, penjual kain troso, dan cita tenun indonesia.

4. Demikian alasan saya yang mengoptimalkan layanan berbasis ‘Free” namun jika dibuat semaksimal mungkin bisa mendatangkan Impact yang luar biasa. Perlu juga diketahui , Domain Tenun Indonesia ini merupakan website blogging kedua saya di WordPress.

Dulu, ketika saya masih belajar di Komunitas Facebook Jepara, ketika itu saya ditunjuk untuk menjaga salah satu warnet (warung internet), ketika mulai atau pada hari-hari pertama tugas di Warnet waktu saya habiskan untuk online, namun disuatu hari saya berfikir jika para pendiri Komunitas Facebook Jepara yang saya naungi bisa memanfaatkan Internet Online menjadi bisnis. Memang bisnis yang di dalami di Jepara adalah ekspor mebel. Namun, berkat pencerahan (motivasi) dari salah satu pendiri Komunitas Facebook Jepara, ‘Pak Pipin’ namanya (biasa aku dan teman-temanku panggil dengan “mas pipin”), beliau selain jago dalam memarketingkan barang, juga hebat dalam memotivasi rekan-rekan dan anak didiknya.

Ketika itu, saya bertanya dalam sebuah apel pagi di markas Facebook Jepara (di JL. Kartini KM.0, Jepara) dengan mengacungkan tangan. Kurang lebih berikut pertanyaannya,”Pak, bagaimanakah kita menjual kain tenun ikat Troso ke konsumen secara langsung tanpa melalui Bali? (Apa ini pertanyaan aneh yah..!)” tanyaku. Memang para perajin kain tenun ikat di desaku, Troso, banyak yang mengandalkan toko-toko kain di daerah Bali. Setelah mendengar ceritaku atau pertanyaan anehku lantas ‘pak Pipin’ menjawabnya, “Jika kamu mau, bermitra aja sama perajin di desamu itu. misalkan kamu buat korden dari kain tenun Troso, terus kamu jual mulai dari tetangga dekat rumahmu dan juga lewat internet. Memang bisnis pun harus dimulai dari bawah, perlu kesabaran, keuletan, ketekunan dan juga sikap yang optimis. “Kau tak perlu buat pabrik kain tenun yang besar, toh jika kamu buat pabrik dan tidak ada pembeli kan sama saja sia-sia”, ucapnya.

Mendengar jawaban itu, aku lansung berfikir begini, “benar juga jika bermitra itu lebih baik dari pada mendirikan pabrik yang lumayan besar, dana yang dibutuhkan juga besar dan belum tentu impactnya juga besar”. Hari demi hari aku mencoba mengaplikasikan produk kain tenun Troso pada sebuah website. Namun langkah pertamaku gagal, sudah dulu yah, soalnya aku menulis ini sambil ngantuk. besok disambung lagi. Terima kasih.

Bila ada pertanyaan, bisa kontak saya melalui :

Telp. +62.85.225.508592
E-mail : moonlightsadow@hotmail.co.id